Menjadi Seorang Pelatih Yang Handal

Tidak ada komentar
Arti Pelatih
Dalam dunia olahraga siapa yang tidak kenal dengan pelatih. Dialah orang yang memberikan dukungan terhadap atlet-atletnya ketika sedang bertanding maupun ketika sedang latihan dan dia juga lah yang selalu mengoreksi kesalahan yang dilakukan oleh atlet-atletnya agar bisa diperbaiki dan menjadi lebih baik lagi. Pelatih adalah seorang yang harus mempersiapkan fisik dan mental atletnya agar atletnya dapat mencapai suatu prestasi. Peran pelatih pun tidak sampai disitu, pelatih juga seorang yang mempersiapkan segala kebutuhan atletnya dari segi fisik, taktik, teknik, mental maupun gizi. Selain itu, peran pelatih juga sebagai pendamping atlet. Dikala kondisi atletnya sedang down secara mental, pelatih lah orang yang pertama harus memotivasi mereka agar mental mereka bisa kembali up.

Cara Menjadi Pelatih Yang Handal
Tidak hanya atlet saja yang mempunyai keinginan untuk menjadi yang terbaik dan handal. Pelatih pun juga mempunyai keinginan untuk menjadi pelatih yang handal bahkan men-dunia. Sama halnya dengan atlet, untuk menjadi pelatih yang handal itu sangat banyak rintangan yang harus dilalui dan dihadapi. Karena pelatih sangat erat hubungannya dengan atlet, maka handalnya seorang pelatih atau tidak itu tergantung bagaimana cara pelatih tersebut dalam me-manage atlet-atletnya. Jika seorang pelatih gagal dalam me-manage atletnya, maka atlet tersebut tidak akan bisa mencapai prestasi yang diinginkannya. Namun, jika pelatih berhasil dalam me-manage atlet-atletnya dan ketika atlet tersebut mencapai prestasi yang diinginkannya maka nama pelatih itu pun ikut melambung. Nah, jadi bagaimana cara menjadi pelatih yang handal? Maka dari itulah seorang pelatih dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang olahraga maupun cabang olahraga yang dikelolanya. Pelatih harus dibekali dengan pengetahuan mengenai taktik, teknik, mental dan gizi atlet. Dan yang terpenting adalah pengalaman. Pengalaman seorang pelatih bagaimana ketika dia berada diposisi atlet tersebut yang berada dibawah tekanan seperti saat ketika atlet sedang bertanding.

Apakah Menjadi Pelatih Yang Handal Harus Menjadi Atlet Terlebih Dahulu?
Ini adalah pertanyaan yang selalu ingin ditanyakan oleh seorang calon pelatih maupun pelatih namun bukan atlet dahulunya. Seperti yang telah dibahas diatas, menjadi seorang pelatih yang handal harus dibekali dengan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya. Karena tanpa pengetahuan keolahragaan, pelatih tidak akan tahu bagaimana kondisi fisik seorang atlet tersebut dari segi teknik, taktik, mental maupun gizi. Yang menyebabkan tidak cocoknya program latihan dengan kemampuan atlet tersebut. Dan mempunyai pengetahuan tentang keolahragaan juga akan sia-sia jika pelatih tersebut tidak mempunyai pengalaman bagaimana cara me-manage atlet tersebut ketika sedang dipertandingan maupun sedang dalam masa training camp yang pada kondisi itu penuh banyak dengan tekanan terhadap atlet. Namun mempunyai pengetahuan keolahragaan dan pengalaman tidak menjamin pelatih itu menjadi seorang pelatih yang handal jika pelatih tersebut tidak memiliki karakter sebagai pelatih. Karakter adalah kondisi seseorang untuk menentukan sikap dalam menghadapi suatu masalah. Contohnya saja pelatih Jose Mourinho, dia adalah salah satu seorang pelatih dimana ia tidak mempunyai pengalaman menjadi atlet yang handal. Namun lihatlah sekarang ini, malahan dia menjadi pelatih yang handal dan juga pelatih yang termahal saat ini. Walaupun dia tidak mempunyai pengalaman menjadi seorang atlet yang handal namun dia mempunyai karakter dan kepribadian yang bagus dan menjadikan kedua elemen tersebut menjadi aset dan senjata yang bagus bagi atlet-atletnya.

Kesimpulan
Setelah apa yang telah dibahas diatas tadi dapat disimpulkan bahwa menjadi seorang pelatih yang handal dan berkualitas tidak ditentukan apakah kita dahulu nya adalah atlet yang handal atau tidak. Namun itu semua ditentukan oleh tiga aspek penting yaitu, Pengetahuan, Pengalaman dan Karakter. Karena didalam pengetahuan terdapat metode bagaimana kita membina atlet dari segi teknik, taktik, mental dan gizi. Sedangkan didalam pengalaman terdapat bagaimana cara pelatih tersebut dapat membantu atlet-atletnya untuk keluar dalam situasi dimana atlet tersebut mendapatkan banyak tekanan seperti saat bertanding. Dan didalam karakter terdapat bagaimana cara pelatih untuk mengambil dan menyikapi keputusan  dalam suatu masalah. Karena kepribadian seorang pelatih mencerminkan kepribadian seorang atlet itu sendiri.

Penutup
Semoga artikel ini dapat memotivasi dan membantu rekan-rekan agar dapat mengetahui dan memahami Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pelatih Yang Handal. 

Daftar Pustaka
Respecting Coach 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar